Inilah Pele, Sang Legenda Brazil

Colintonschoolofmotoring.com – Mungkin remaja tahun 90-an tidak asing dengan pemain bola yang satu ini. Salah satu pemain bola legendaris asal Brazil yang dikenal sebagai pencetak 1000 gol, yap betul sekali Pele. Pria dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento lahir di Tres coracoes 23 Oktober 1940 silam, Pele merupakan anak dari pasangan Dodinho dan Dona Celeste Arantes dan pernah membawa Brazil menjadi juara piala dunia 3 kali berturut-turut. Berkat keberhasilannya ia mendapat julukan O Rei atau Sang raja.

pele brazil

Awal karir sang raja

Memulai karir sebagai pesepak bola saat mengikuti seleksi pemain sepak bola di klub Santos pada tahun 1956 dan memulai debutnya di Santos pada Desember 1957 saat melawan klub Chorintias. Pada akhir musim kompetisi Pele keluar sebagai top scored di usianya yang menginjak 16 tahun. Selama di klub santos Pele telah berhasil memenangkan berbagai thropy yakni 10 thropy Campeonato Paulista, 4 thropy Torneio Rio Sao, 5 thropy Taca Brazil, 1 thropy Recopa Int. dan thropy Torneio Roberto Gomes Pedrosa.

Di tiap pertandingannya Pele selalu menjadi top scored dan pada 19 November 1969, Pele berhasil mencetak golnya yang ke 1000 saat berhadapan dengan Vasco de Gama melalui tendangan Penalty. Akhirnya setiap tanggal 19 November diperingati sebagai “Pele day” untuk merayakan gol Pele yang ke 1000. Pele pensiun dari klub Santos pada tahun 1972 dengan total gol selama di Santos sebanyak 1. 091 gol.

Karirnya saat piala dunia

Melihat permainan Pele yang menakjubkan di klub Santos dan berita bola sering menerbitkan tentang dirinya, pemerintah Brazil akhirnya merekrut Pele menjadi pemain timnas Brazil. Banyak klub-klub besar di Eropa yang mengincarnya seperti Real Madrid dan Juventus namun hal ini dicegah oleh pemerintah Brazil karena Pele dilarang bermain di luar Brazil. Penampilan pertama Pele bersama timnas Brazil pada 7 Juli 1957 saat melawan Argentina dan Pele berhasil mencetak gol sebagai pemain termuda yakni 16 tahun. Walaupun pada akhirnya harus kalah dengan Argentina dengan hasil akhir 2-1.

Namun berkat kegigihan dan belajar dari kekalahan, pada piala dunia tahun 1958 diusianya yang ke 17 tahun, Pele berhasil membawa Brazil keluar sebagai juara dan membawa pulang thropy piala dunia yang pertama dalam sejarah Brazil saat melawan tuan rumah Swedia.

Semakin tinggi pohon semakin banyak angin yang menerpanya. Itulah yang dialami Pele saat piala dunia berikutnya tahun 1962 dan 1966. Ia menderita cidera akibat tekel berbagai pemain yang mengincarnya agar tidak mencetak gol. Akhirnya ia harus absen sebelum memasuki babak final selama 2 kali, yakni pada tahun1962 dan 1966. Membuat ia bersumpah untuk tidak lagi mengikuti piala dunia.

Di piala dunia tahun 1970 akhirnya ia memutuskan untuk kembali memperkuat timnas Brazil dan bermain dengan sangat baik. Di akhir piala dunia tahun 1970 itu, Pele berhasil melengkapi golnya yang ke 100 selama mengikuti piala dunia.

Aktivitas setelah pensiun

Aktivitas pele

Setelah pensiun dari dunia sepakbola, Pele menjadi duta UNICEF untuk PBB dan seringkali keliling Brazil. Namun karirnya dan permainan cantiknya masih tetap di kenang dan berita tentangnya kerap kali di terbitkan dalam berita bola dari Alexabet88 dan majalah olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *