Biografi Lionel Messi yang Perlu Kalian Ketahui

Biografi Lionel Messi – Siapa yang tidak kenal dengan pemain bola yang satu ini. Pemain yang terkenal dengan kelincahannya sangat diidolakan para pecinta sepak bola, khususnya generasi muda. Tidak jarang namanya sering terbit dalam berita bola dan majalah olahraga.

Lionel Andreas Leo Messi atau biasa disapa Messi adalah penyerang/striker sekaligus captain club Barcelona dan timnas Argentina. Pria berusia 32 tahun kelahiran 24 Juni 1987 silam ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona. Messi sudah mulai bermain sepak bola sejak berusia 5 tahun pada club bernama Grandoli yang pelatihnya adalah ayahnya sendiri. Dan karirnya terus melonjak sampai sekarang.

Biografi Lionel Messi

Messi kecil terus bermain bola pada usia 6 tahun dan bergabung pada klub sepak bola lokal bernama Newell’s Old Boys dan mencetak hingga 500 gol dengan kalah sekali dan dikenal sebagai “mesin 87”. Anak dari pasangan Jorge Messi dan Celia Cuccittini pernah di diagnosis penyakit kekurangan hormon pertumbuhan pada usia 11 tahun. Sesaat cita-citanya menjadi pemain bola hampir kandas dan ia kehilangan semangat, namun direktur Barcelona FC, Carles Rexach merasa tertarik dengan bakat yang dimiliki Messi dan kemudian menawarkan kontrak untuk bergabung dengan Barcelona FC dan berjanji akan membiayai pengobatan Messi dengan syarat Messi pindah ke Spanyol. Akhirnya Messi dan ayahnya memutuskan untuk hijrah ke Spanyol.

Karir di Barcelona

Lionel Messi

Mula-mula Messi bermain untuk tim junior Barca dari tahun 2000 sampai tahun 2003 dengan mencetak banyak gol. Pada 16 Oktober 2004, Frank Rijkaard memberi kesempatan kepada Messi untuk bermain melawan RCD Espanyol dan menjadi pemain termuda ke 3 di tim Barca. Pada 1 Mei 2005 saat melawan Albacete Blompie, Messi berhasil mencetak gol pertamanya dan menjadi pencetak gol termuda di dalam sejarah tim Barca.

Pada musim 2006-2007 Messi berhasil menjadi pemain reguler utama dan mencetak banyak hat-rick sehingga ia mendapat julukan “Maradona baru” karena gol-gol yang dicetaknya mirip dengan gol Maradona saat Argentina vs Inggris pada piala dunia FIFA 1986. Lalu berita bola menyebutnya sebagai “Messidona karena gaya permainannya yang mirip Maradona. Maradona pun mengakui kelihaian permainan Messi, dalam dribbling, passing dan kemampuannya menggocek lawan, kaki yang kuat dan postur yang kecil juga mendukung Messi untuk menggiring bola sampai kotak penalty. “Bola tetap merekat pada kakinya, saya telah melihat pemain besar dalam karier saya, tetapi saya belum pernah melihat orang dengan kontrol bola seperti Messi” tutur pemain legenda Argentina ini.

Messi mendapat peringkat ke-3 Ballon d’Or 2007 di bawah Kaka dan Christiano Ronaldo. Walaupun ia sempat mengalami cedera selama 6 pekan dan terpaksa tidak dapat bermain menggiring si kulit bundar.

Akhirnya pada Desember 2009, Messi kembali di nobatkan mendapat Ballon d’Or mengalahkan saingannya Christiano Ronaldo. Berbagai penghargaan ia dapatkan dan ia menjadi warga negara Argentina pertama yang mendapat penghargaan ini.

Bermain Untuk Argentina

lionel messi argentina

Dilansir dari berita sbobet, pada Juni 2004, untuk pertama kalinya Messi bermain untuk negara asalnya, Argentina. Ia kembali menunjukkan permainan cantiknya dalam pertandingan persahabatan melawan Paraguay. Pada tahun 2005, Messi berhasil menyongsong negara asalnya, Argentina keluar sebagai pemenang piala dunia U-20 dan menjadi pemain Argentina termuda pada piala dunia 2006 (saat itu usia Messi 18 tahun).

Permainannya terus ia persembahkan untuk Argentina sampai piala dunia 2018 walau akhirnya harus berakhir dengan kekalahan melawan Perancis dengan skor 4-3

Kehidupan pribadi

Mengalami hidup yang pahit mengajarkan Messi rasanya kekurangan. Pada tahun 2007, Messi mendirikan Leo Messi Foundation, badan amal yang mendukung akses bantuan kesehatan dan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dengan menawarkan pengobatan ke Spanyol, menanggung biaya transportasi dan biaya penyembuhan. “Menjadi terkenal sekarang sedikit memberi saya kesempatan untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkannya, terutama anak-anak ” tutur pria asal Argentina yang disebut sebagai rival Cristiano Ronaldo.

Untuk mendukung hak-hak anak diseluruh dunia, pada maret 2010 Messi diangkat sebagai duta UNICEF dan misinya sebagai duta UNICEF tentunya juga didukung oleh klub Barcelona.

2 November 2012, Messi dengan pasangannya Antonella Roccuzzo dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Thiago Messi. Resmi menjadi seorang ayah menjadikan Messi lebih bersyukur dalam hidupnya. “Hari ini aku orang paling bahagia di dunia, anak saya lahir dan terima kasih kepada Tuhan karena karunia ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *